Perumda Tirta Amertha Buana

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Amertha Buana Kabupaten Tabanan

📰 Perumda Tirta Amertha Buana Gelar Pelatihan Tingkatkan SDM

Selasa, 14-Feb-2023
oleh ngadminin

Pelatihan Tingkatkan SDM.

Tabanan – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Amertha Buana (TAB) Kabupaten Tabanan menggelar pelatihan bagi 20 orang karyawannya selama tiga bulan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang teknis sejalan dengan upaya peningkatan pelayanan kepada para pelanggannya.

Kabag Langganan Perumda TAB Tabanan I Made Sudiana didampingi Kasubag Humas I Wayan Agus Suanjaya mengemukakan hal itu saat menggelar jumpa pers, Senin (13/12/2023) “Pelatihan internal ini digelar secara bertahap dengan menghadirkan narasumber atau pelatih dari kalangan karyawan senior di lingkungan Perumda TAB Tabanan yang telah berpengalaman di bidangnya,” ujarnya.

Menurut Made Sudiana pelatihan yang digelar di Perumda TAB Tabanan ini diperuntukkan bagi karyawan di bidang produksi, distribusi, administrasi dan Langganan untuk pembacaan meteran. “Pelatihan dimaksudkan untuk peningkatan SDM, [ter]utama dalam peningkatan pengetahuan keterampilan serta teknik. Untuk pelatihan dilaksanakan melalui teori di kelas, diskusi kasus serta praktek langsung di lapangan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Sudiana juga mengungkapkan pada tahun 2023 Perumda TAB Tabanan menetapkan target penambahan pelanggan sejumlah 1.425 Sambungan Rumah (SR), meningkat 125 SR dibanding tahun sebelumnya. Terkait target tersebut, pihaknya akan berupaya meningkatkan jumlah pelanggan dengan berbagai upaya. Di antaranya dengan menghubungi sejumlah developer perumahan yang ada di Tabanan, menghubungi pelanggan yang pernah diputus sambungan airnya, serta mengunjungi wilayah perumahan yang ada secara door-to-door menawarkan sambungan air.

Kasubag Humas I Wayan Agus Suanjaya menambahkan, selain memaksimalkan penambahan jumlah pelanggan, pihaknya juga tetap akan fokus pada peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Di antaranya dengan cara menekan adanya gangguan distribusi air. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara di antaranya melakukan Step Tes secara berkala di sejumlah wilayah untuk mengetahui adanya gangguan agar dapat diatasi sedini mungkin. “Selama bulan Januari lalu kami sudah melakukan Step Tes di sejumlah wilayah di Kecamatan Kediri. Hasilnya ditemukan ada sekitar 10 titik gangguan kebocoran air. Di antaranya di Abian Tuwung, Bingin Ambe, di Depan Rindam, dan di Perumnas Bukit Sanggulan Indah,” paparnya.

Wayan Agus Suanjaya juga menyampaikan Perumda TAB telah memiliki aplikasi android SimpelTAB Pelanggan yang bisa didownload di Play Store. Untuk dapat masuk ke menu utama diperlukan Nomor SBG (ID Pelanggan) serta pelanggan harus melakukan scan QR yang ada pada water meter air masing-masing pelanggan.

Apabila telah berhasil login, maka pelanggan akan disuguhkan dengan sejumlah menu. Cek tagihan dapat dilakukan untuk mengetahui tagihan rekening. Penyampaian keluhan dapat dilakukan oleh para pelanggan dengan mengisi deskripsi pada kolom yang ada disertai foto. Kemudian untuk fitur baca meter mandiri, dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengunggah foto angka di meteran. Terutama bagi pelanggan yang rumahnya terkunci berakibat petugas baca meter tidak bisa melakukan pembacaan water meter.

Dengan menggunggah foto angka di meteran secara mandiri diharapkan dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, di antaranya watermeter rusak hingga lonjakan tagihan. “Saat ini sudah ada sekitar 2.000 pelanggan yang download aplikasi SimpelTAB Pelanggan. Kita harapkan jumlah pelanggan yang download aplikasi SimpelTAB Pelanggan ini terus bertambah sehingga pelanggan bisa menikmati manfaatnya terhadap pelayanan yang diberikan Perumda TAB Tabanan,” katanya.

Disebutkan, pembayaran rekening air bulanan saat ini juga sudah bisa dilakukan secara online via ATM, M-Banking, dan Internet Banking Bank BPD Bali, agen-agen Arindo, Griya Bayar Bank BTN, transfer antarbank (untuk yang tidak memiliki rek. BPD Bali), serta via Alfamart dan Indomaret (dengan nama Perumda TAB). “Saat ini layanan Perumda TAB sudah semakin luas yang dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah Sambungan Rumah (SR) setiap bulannya. Kini, (per Januari 2023) pelanggan Perumda TAB telah mencapai 60.980 SR,” pungkasnya. ***

sumber: https://kabarnusa.com/perumda-tirta-amertha-buana-gelar-pelatihan-tingkatkan-sdm/


Share on: Facebook, X (twitter), Telegram

📰 Berita Pilihan