Perumda Tirta Amertha Buana

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Amertha Buana Kabupaten Tabanan

📰 Perumda Tirta Amertha Buana Dukung Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali

Senin, 13-Mei-2024
oleh admin1

PERUMDA TAB - Pada 18 sd 25 Mei 2024, Indonesia telah dipercaya menjadi tuan rumah bagi World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan di Bali. Penunjukan ini menandai Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah acara tersebut.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan masyarakat internasional terhadap komitmen Indonesia dalam menghadapi isu lingkungan. Sebagaimana dikutip melalui media sosial Instagram Kementerian PUPR pada Sabtu (11/5/2024), hal ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat internasional terhadap komitmen Indonesia mengenai isu lingkungan.

World Water Forum 2024 adalah forum internasional terbesar yang membahas kebijakan tata kelola air dan sanitasi. Tema yang diusung pada kali ini adalah "Air untuk Kesejahteraan Bersama." Selain menjadi tuan rumah, Indonesia juga akan berperan aktif dalam memberikan ide mengenai pengelolaan sumber daya air. Indonesia mengusulkan tiga Deklarasi Menteri (Ministerial Declaration), yaitu pertama, pusat keunggulan untuk ketahanan air dan iklim; kedua, pengelolaan sumber daya air terpadu untuk pulau-pulau kecil; dan ketiga, Hari Danau Sedunia sebagai resolusi baru PBB.

Manfaat bagi Indonesia dari penyelenggaraan acara ini sangatlah beragam. Pertama, meningkatkan citra positif Indonesia di dunia internasional. Kedua, memberikan peluang bagi masyarakat untuk menyuarakan masalah hingga solusi pengelolaan sumber daya air. Ketiga, membuka peluang kerja sama pengelolaan sumber daya air dengan negara-negara maju. Keempat, menjadi wadah untuk mengenalkan seni, budaya, dan kearifan lokal Indonesia ke dunia internasional. Dan terakhir, berdampak positif bagi sektor pariwisata nasional dan UMKM.

Perumda Tirta Amertha Buana (TAB) Kabupaten Tabanan pun mendukung penuh penyelenggaraan World Water Forum ke-10 ini. Terlebih Kabupaten Tabanan menjadi salah satu tujuan kunjungan dari para delegasi tepatnya DTW Jatiluwih dan Museum Subak. Kehadiran Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10, diharapkan menjadi langkah maju dalam upaya global untuk memperjuangkan tata kelola air yang berkelanjutan dan menciptakan kesejahteraan bersama bagi semua pihak. (MinTAB)


Share on: Facebook, X (twitter), Telegram

📰 Berita Pilihan